Social Icons

Sabtu, 15 Februari 2014

Kenali Wanosobo

Kabupaten Wonosobo, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini bersempadan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara. Kabupaten Wonosobo asalnya diasaskan 24 Julai 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta sebaik selesai pertempuran dalam Perang Diponegoro. 

Kyai Moh. Ngampah, yang membantu Diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Setjonegoro. Sebahagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pergunungan. Bahagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (Ketinggian: 3,136 meter) dan Gunung Sumbing (Ketinggian: 3,371 meter). Daerah utara merupakan bahagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (Ketinggian 2,565 meter). Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang.

Ibukota Kabupaten Wonosobo berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten, yang merupakan daerah hulu Kali Serayu. Wonosobo dilintasi jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto. Kabupaten Wonosobo terdiri dari gabungan 15 kecamatan (Mukim), yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosobo.
Kata Wonosobo berasal dari bahasa Jawa: Wanasaba, yang secara harfiah berarti: "tempat berkumpul di hutan". Bahasa Jawa sendiri mengambilnya dari bahasa Sanskrit: vanasabha yang artinya kurang lebih sama. Kedua kata ini juga dikenal sebagai dua buku dari Mahabharata: "Sabhaparwa" dan "Wanaparwa".
 
Kawasan tarikan pelancong yang ada di Wonosobo adalah Kawasan Wisata Dieng yang terletak di Kecamatan Kejajar. Jaraknya 26 km dari Kota Wonosobo. Dieng adalah kawasan pergunungan yang sangat menarik dan menawan. Ianya menggamit kedatangan pelancong yang ramai. Suhunya amat dingin mencapai 18'C pada siang hari dan 13'C pada malam hari. 
Diantara tempat-tempat lawatan menarik ialah di Dieng ialah Waduk Wadaslintang, Agrowisata Tambi, Outbound, Air Terjun Sikarim, Telaga Menjer, Pemandian Wisata Kalianget, Wisata Religi, Curuk Winong, Pemandian serta kolam renang Mangli dan Pemandian Air panas Kebrengan. 

   Jika ada di kalangan anak cucu sekelian yang berminat mengunjungi Wanosobo, sila hubungi Pak Lang atau Imarah Travel Sdn Bhd untuk menyediakan keperluan lawatan yang menyeluruh. Ianya bukan soal harga tetapi layanan terbaik mereka sebagai tuan rumah. Insya Allah tempat penginapan, makan minum, kenderaan dan sebagainya akan disediakan dengan kos yang minima dengan kualiti yang terbaik. 

Dengan menggunakan syarikat penerbangan tambang murah seperti Airasia, Lionair, Citilink dan lain-lain, perbelanjaan setiap orang dianggarkan hanya sekitar RM1,000. Ianya meliputi tambang kapal terbang, penginapan (4 hari 3 malam), makan minum, kenderaan, pemandu pelancong dan cenderahati.

Hubungi Imarah Travel DI SINI

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

Sample text

Sample Text

Sample Text