Ini adalah kitab yang membahaskan persoalan hakikat kewujudan Nur Muhammad SAW. Bacalah!
Judul Kitab : Al-Anwar al-Muhammadiyyah min al-Mawahib al-Laduniyyah
Penulis : Syaikh Yusuf bin Isma‘il An-Nabhani
Pentahqiq : Sayyid ‘Alwi Abu Bakar Muhammad Assegaf
Penerbit : Daar Al-Kutub Al-Islamiyyah, cet. pertama, 1433 H/2012 M, Jakarta-Indonesia
Dari hakikat Nabi SAW itulah terpancar hakikat-hakikat ruh. Nabi SAW adalah jenis tertinggi dari segala bentuk jenis dan abul akbar (ayah utama) dari segala bentuk wujud yang diciptakan Allah SWT.
Ketika menghendaki pen-ciptaan makhluk-Nya, Allah SWT menciptakan hakikat Nabi Muhammad SAW sebelum menciptakan segala sesuatu dari nur-Nya. Dari hakikat itu lalu Allah menciptakan alam seluruhnya, baik alam rendah maupun alam tinggi. Kemudian Allah SWT memberitakan kepada Nabi SAW ihwal kenabiannya, sementara Adam AS, tidak lain, sebagaimana disabdakan oleh beliau SAW, “Masih antara ruh dan jasad.”
Dari hakikat Nabi SAW itulah terpancar hakikat-hakikat ruh. Nabi SAW adalah jenis tertinggi dari segala bentuk jenis dan abul akbar (ayah utama) dari segala bentuk wujud yang diciptakan Allah SWT.
Setelah berlalunya masa bagi hakikat bathin Nabi SAW kepada zaman wujud nyata jasad dan ruh yang menempel padanya, bergantilah hukum zaman bathin itu kepada hukum zaman lahir dengan munculnya Nabi SAW secara totalitas, jasmani dan ruhani, ke alam dunia.
Di dalam Shahih Muslim, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT menuliskan takdir-takdir sekalian makhluk sebelum menciptakan langit dan bumi sejarak lima puluh ribu tahun dan adalah arsy-Nya di atas air. Dan di antara ungkapan yang tertulis pada adz-dzikr, dia adalah ummul kitab, ‘Sesungguhnya Muhammad adalah penutup sekalian para nabi’.”
Diriwayatkan dari Maisarah Adh-Dhabbi, ia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bilakah engkau menjadi nabi?’
Beliau SAW menjawab, ‘Ketika Adam antara ruh dan jasad’.”
Dari Syaikh Taqiyuddin As-Subki, telah datang riwayat yang menyatakan bahwa sesungguhnya Allah SWT menciptakan arwah sebelum jasad. Dari dasar ini, makna sabda Nabi SAW “Aku menjadi nabi” tertuju kepada ruh beliau SAW yang mulia atau kepada hakikat beliau. Dan segala hakikat itu tidaklah mampu akal kita untuk mengetahuinya. Yang dapat mengetahuinya hanyalah Penciptanya dan hamba-hamba-Nya yang dianugerahi nur Ilahiyah.
Berharap nur Muhammad
Diriwayatkan, setelah Abdul Muththallib menunaikan tebusan seratus ekor unta bagi Abdullah, keduaya berjalan dan melewati seorang wanita peramal dan penyair Jahiliyah. Wanita itu bernama Fathimah binti Juts‘ammiyyah, peramal dan penyair termasyhur di Makkah, yang dikenal banyak pengetahuannya tentang kitab-kitab samawi.
Ketika memandang wajah Abdullah, pemuda paling tampan dan terbaik di kalangan Quraisy kala itu, wanita tersebut berkata, “Engkau memiliki sesuatu seperti unta yang telah dikurbankan untuk menebusmu. Nikahilah aku sekarang.”
Abdullah pun menjawab perkataan wanita itu dengan berkata, “Adapun yang haram, biarlah kematian tanpanya. Dan yang halal, tiada kehalalan, maka biarlah aku mencarinya. Bagaimana dengan perkara yang engkau selalu menujunya, sedang seorang yang mulia senantiasa menjaga kehormatan dan agamanya?”
Setelah itu Abdul Muththallib membawa Abdullah menuju kediaman Wahb bin Abdi Manaf bin Zuhrah, penghulu Bani Zuhrah dalam kemuliaan nasab dan kedudukannya. Abdul Muththallib pun menikahkan Abdullah dengan Aminah, putri Wahb bin Abdi Manaf, yang kala itu adalah wanita termulia di kalangan Quraisy, nasab dan kedudukannya. Dan Abdullah pun berkumpul bersama Aminah pada hari Senin dan dari sana Aminah mengandung Rasulullah SAW.
Abdullah pun lalu keluar dan bertemu wanita yang pernah ditemuinya tapi dia tidak lagi menawarkan dirinya untuk dinikahi. Abdullah bekata kepada wanita itu, “Mengapa engkau tidak memintaku seperti permintaanmu tempo hari?”
“Nur (cahaya) yang aku lihat kemarin di wajahmu sudah tidak ada lagi pada dirimu. Itulah sebabnya sudah tidak ada lagi hajatku saat ini kepadamu. Aku hanya berharap agar nur itu turun kepadaku, tetapi Allah tidak menghendaki kecuali menempatkan cahaya itu di mana pun Dia kehendaki.”
Sesungguhnya wanita itu telah melihat nur kenabian pada wajah Abdullah bin Abdul Muththallib dan ia berharap menjadi wanita yang akan mengandung Nabi SAW, yang mulia.
Imam Fakhruddin Ar-Razi berkata, “Sesungguhnya semua ayah-kakek Rasulullah SAW adalah muslimin. Di antara dalil yang memastikan hal itu adalah sabda Rasulullah SAW, ‘Aku senantiasa berpindah-pindah dari sulbi-sulbi yang suci kepada rahim-rahim yang suci.’ Dan Allah SWT telah berfirman, ‘Sesungguhnya orang-orang musyrik adalah najis.’ (QS At-Tawbah: 28). Itulah sebabnya wajib bahawa tidaklah seorang pun dari datuk Rasulullah SAW seorang yang musyrik.”
Ibnu Asakir meriwayatkan dari Jalhamah bin ‘Urfuthah, ia berkata, “Aku datang di kota Makkah ketika penduduk Makkah dilanda kebuluran. Orang-orang Quraisy berkata, ‘Wahai Abu Thalib, lembah telah kering kontang dan sanak keluarga telah lapar dan menderita. Mari kita memohon hujan.’
Maka keluarlah Abu Thalib bersama seorang anak (Muhammad SAW). Ia seolah matahari, yang menyingkir semua awan darinya, dan di sekelilingnya berkumpul anak-anak yang lain. Abu Thalib kemudian memegang anak itu dan menempelkan punggungnya ke Ka‘bah dan anak itu mengikuti Abu Thalib dengan berpegangan dengan jari-jemarinya. Di langit tiada tampak setitik awan pun.
Kemudian tiba-tiba mendung bergelayutan dari semua penjuru dan hujan pun turun dengan derasnya. Lembah-lembah kembali mengalirkan air, dataran dan perkampungan pun menjadi subur. Tentang hal ini, Abu Thalib berkata, “Memancar putih wajahnya, yang dengannya gelayut mendung diharapkan curahan hujannya. Dialah sandaran para yatim, dan tempat berlindung orang-orang miskin.”
Mengenai akhlaq Rasulullah SAW, Sayyidah Aisyah RA berkata, “Akhlaq Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an.” Itulah sebabnya, sebagaimana makna-makna Al-Qur’an tidak pernah habis dan tiada berujung, demikian pulalah tiada berujung dan tak akan pernah habis sifat-sifat keindahan yang menunjukkan keagungan akhlaq Rasulullah SAW. Karena pada setiap saat dari keadaan beliau SAW bertambah baginya segala kemuliaan akhlaq dan keindahan budi pekerti dan segala apa yang Allah kurniakan kepada Baginda SAW, berupa ma`rifah dan ilmu yang tidak mengetahuinya selain Allah SWT.
Itulah peninggalan-peninggalan riwayat yang bertutur tentang Rasulullah SAW, hakikat Baginda, kemuliaan Baginda, dan bukti-bukti yang tak terbantahkan bahawa Baginda adalah hakikat dari segala bentuk wujud yang diciptakan oleh Allah SWT.
Syaikh Yusuf bin Isma‘il An-Nabhani meringkaskan berbagai sisi dari keperibadian Rasulullah SAW dari kitab al-Mawahib al-Laduniyyah, karya Imam Al-Qasthalani, sehingga dengan membaca kitab ini insya Allah kita akan semakin merasa kecil di hadapan keagungan para wali Allah, terlebih lagi di hadapan penghulu sekalian mereka, Baginda Rasulullah SAW.
Penulis : Syaikh Yusuf bin Isma‘il An-Nabhani
Pentahqiq : Sayyid ‘Alwi Abu Bakar Muhammad Assegaf
Penerbit : Daar Al-Kutub Al-Islamiyyah, cet. pertama, 1433 H/2012 M, Jakarta-Indonesia
Dari hakikat Nabi SAW itulah terpancar hakikat-hakikat ruh. Nabi SAW adalah jenis tertinggi dari segala bentuk jenis dan abul akbar (ayah utama) dari segala bentuk wujud yang diciptakan Allah SWT.
Ketika menghendaki pen-ciptaan makhluk-Nya, Allah SWT menciptakan hakikat Nabi Muhammad SAW sebelum menciptakan segala sesuatu dari nur-Nya. Dari hakikat itu lalu Allah menciptakan alam seluruhnya, baik alam rendah maupun alam tinggi. Kemudian Allah SWT memberitakan kepada Nabi SAW ihwal kenabiannya, sementara Adam AS, tidak lain, sebagaimana disabdakan oleh beliau SAW, “Masih antara ruh dan jasad.”
Dari hakikat Nabi SAW itulah terpancar hakikat-hakikat ruh. Nabi SAW adalah jenis tertinggi dari segala bentuk jenis dan abul akbar (ayah utama) dari segala bentuk wujud yang diciptakan Allah SWT.
Setelah berlalunya masa bagi hakikat bathin Nabi SAW kepada zaman wujud nyata jasad dan ruh yang menempel padanya, bergantilah hukum zaman bathin itu kepada hukum zaman lahir dengan munculnya Nabi SAW secara totalitas, jasmani dan ruhani, ke alam dunia.
Di dalam Shahih Muslim, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT menuliskan takdir-takdir sekalian makhluk sebelum menciptakan langit dan bumi sejarak lima puluh ribu tahun dan adalah arsy-Nya di atas air. Dan di antara ungkapan yang tertulis pada adz-dzikr, dia adalah ummul kitab, ‘Sesungguhnya Muhammad adalah penutup sekalian para nabi’.”
Diriwayatkan dari Maisarah Adh-Dhabbi, ia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bilakah engkau menjadi nabi?’
Beliau SAW menjawab, ‘Ketika Adam antara ruh dan jasad’.”
Dari Syaikh Taqiyuddin As-Subki, telah datang riwayat yang menyatakan bahwa sesungguhnya Allah SWT menciptakan arwah sebelum jasad. Dari dasar ini, makna sabda Nabi SAW “Aku menjadi nabi” tertuju kepada ruh beliau SAW yang mulia atau kepada hakikat beliau. Dan segala hakikat itu tidaklah mampu akal kita untuk mengetahuinya. Yang dapat mengetahuinya hanyalah Penciptanya dan hamba-hamba-Nya yang dianugerahi nur Ilahiyah.
Berharap nur Muhammad
Diriwayatkan, setelah Abdul Muththallib menunaikan tebusan seratus ekor unta bagi Abdullah, keduaya berjalan dan melewati seorang wanita peramal dan penyair Jahiliyah. Wanita itu bernama Fathimah binti Juts‘ammiyyah, peramal dan penyair termasyhur di Makkah, yang dikenal banyak pengetahuannya tentang kitab-kitab samawi.
Ketika memandang wajah Abdullah, pemuda paling tampan dan terbaik di kalangan Quraisy kala itu, wanita tersebut berkata, “Engkau memiliki sesuatu seperti unta yang telah dikurbankan untuk menebusmu. Nikahilah aku sekarang.”
Abdullah pun menjawab perkataan wanita itu dengan berkata, “Adapun yang haram, biarlah kematian tanpanya. Dan yang halal, tiada kehalalan, maka biarlah aku mencarinya. Bagaimana dengan perkara yang engkau selalu menujunya, sedang seorang yang mulia senantiasa menjaga kehormatan dan agamanya?”
Setelah itu Abdul Muththallib membawa Abdullah menuju kediaman Wahb bin Abdi Manaf bin Zuhrah, penghulu Bani Zuhrah dalam kemuliaan nasab dan kedudukannya. Abdul Muththallib pun menikahkan Abdullah dengan Aminah, putri Wahb bin Abdi Manaf, yang kala itu adalah wanita termulia di kalangan Quraisy, nasab dan kedudukannya. Dan Abdullah pun berkumpul bersama Aminah pada hari Senin dan dari sana Aminah mengandung Rasulullah SAW.
Abdullah pun lalu keluar dan bertemu wanita yang pernah ditemuinya tapi dia tidak lagi menawarkan dirinya untuk dinikahi. Abdullah bekata kepada wanita itu, “Mengapa engkau tidak memintaku seperti permintaanmu tempo hari?”
“Nur (cahaya) yang aku lihat kemarin di wajahmu sudah tidak ada lagi pada dirimu. Itulah sebabnya sudah tidak ada lagi hajatku saat ini kepadamu. Aku hanya berharap agar nur itu turun kepadaku, tetapi Allah tidak menghendaki kecuali menempatkan cahaya itu di mana pun Dia kehendaki.”
Sesungguhnya wanita itu telah melihat nur kenabian pada wajah Abdullah bin Abdul Muththallib dan ia berharap menjadi wanita yang akan mengandung Nabi SAW, yang mulia.
Imam Fakhruddin Ar-Razi berkata, “Sesungguhnya semua ayah-kakek Rasulullah SAW adalah muslimin. Di antara dalil yang memastikan hal itu adalah sabda Rasulullah SAW, ‘Aku senantiasa berpindah-pindah dari sulbi-sulbi yang suci kepada rahim-rahim yang suci.’ Dan Allah SWT telah berfirman, ‘Sesungguhnya orang-orang musyrik adalah najis.’ (QS At-Tawbah: 28). Itulah sebabnya wajib bahawa tidaklah seorang pun dari datuk Rasulullah SAW seorang yang musyrik.”
Ibnu Asakir meriwayatkan dari Jalhamah bin ‘Urfuthah, ia berkata, “Aku datang di kota Makkah ketika penduduk Makkah dilanda kebuluran. Orang-orang Quraisy berkata, ‘Wahai Abu Thalib, lembah telah kering kontang dan sanak keluarga telah lapar dan menderita. Mari kita memohon hujan.’
Maka keluarlah Abu Thalib bersama seorang anak (Muhammad SAW). Ia seolah matahari, yang menyingkir semua awan darinya, dan di sekelilingnya berkumpul anak-anak yang lain. Abu Thalib kemudian memegang anak itu dan menempelkan punggungnya ke Ka‘bah dan anak itu mengikuti Abu Thalib dengan berpegangan dengan jari-jemarinya. Di langit tiada tampak setitik awan pun.
Kemudian tiba-tiba mendung bergelayutan dari semua penjuru dan hujan pun turun dengan derasnya. Lembah-lembah kembali mengalirkan air, dataran dan perkampungan pun menjadi subur. Tentang hal ini, Abu Thalib berkata, “Memancar putih wajahnya, yang dengannya gelayut mendung diharapkan curahan hujannya. Dialah sandaran para yatim, dan tempat berlindung orang-orang miskin.”
Mengenai akhlaq Rasulullah SAW, Sayyidah Aisyah RA berkata, “Akhlaq Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an.” Itulah sebabnya, sebagaimana makna-makna Al-Qur’an tidak pernah habis dan tiada berujung, demikian pulalah tiada berujung dan tak akan pernah habis sifat-sifat keindahan yang menunjukkan keagungan akhlaq Rasulullah SAW. Karena pada setiap saat dari keadaan beliau SAW bertambah baginya segala kemuliaan akhlaq dan keindahan budi pekerti dan segala apa yang Allah kurniakan kepada Baginda SAW, berupa ma`rifah dan ilmu yang tidak mengetahuinya selain Allah SWT.
Itulah peninggalan-peninggalan riwayat yang bertutur tentang Rasulullah SAW, hakikat Baginda, kemuliaan Baginda, dan bukti-bukti yang tak terbantahkan bahawa Baginda adalah hakikat dari segala bentuk wujud yang diciptakan oleh Allah SWT.
Syaikh Yusuf bin Isma‘il An-Nabhani meringkaskan berbagai sisi dari keperibadian Rasulullah SAW dari kitab al-Mawahib al-Laduniyyah, karya Imam Al-Qasthalani, sehingga dengan membaca kitab ini insya Allah kita akan semakin merasa kecil di hadapan keagungan para wali Allah, terlebih lagi di hadapan penghulu sekalian mereka, Baginda Rasulullah SAW.
0 ulasan:
Catat Ulasan