Social Icons

Ahad, 13 Mac 2016

Suatu Yang Kita Perlu Tahu? Asal Usul Kambing Biri-Biri

Untuk dapatkan khidmat ibadah Aqiqah untuk anak-anak anda dengan kadar harga yang murah, anda boleh dapatkan daripada Pengurusan Aqiqah Ikhwan Indonesia. Harga seekor kambing antara RM350 - RM450 sahaja (berbanding Malaysia RM800 - RM1,000). Pihak penyelenggara akan menguruskannya dengan menyembelih, memasak dan menghantar daging kambing yang siap dimasak kepada keluarga miskin sekitar Jakarta. Hubungi: Ustaz Maahfuz: Telp/sms/WA: +628179198525, +6289639173171 atau PIN BB: 2B97CB98 / atau Pak Lang di Malaysia: 019-6226183

Asal Usul Biri-Biri


Domba (kambing biri-biri) adalah mamalia yang termasuk pertama kali di jinakkan dan dijadikan sebagai haiwan ternakan oleh manusia. Literatur mnyebutkan bahwa mula diternakkan pertama kali sektar 9000 – 11000 tahun yang lalu di Mesopotamia.

Pada saat ini kelangsungan hidup domba sangat tergantung pada manusia, ini dikeranakan mereka sudah berevolusi sebagai haiwan ternakan. Dan tidak hidup liar di alam lagi.

Sudah sangat sulit dan tidak jelas garis keturunan sampai kepada nenek moyang mereka. hipotesa yang paling biasa memberitahukan Ovis itu aries ialah keturunan Asiatic (O. orientalis) spesies mouflon ( sejenis rusa lliar ). Pada literature ditemukan di Eropa bahwa mouflon adalah sejenis domba kuno yang dipiara disana pada waktu itu. Sedikit jenis domba, seperti Castlemilk Moorit dari Skotlandia, terbentuk lewat crossbreeding dengan mouflon Eropa liar.

Awalnya, domba disimpan hanya untuk daging, susu dan kulit. Bukti arkeologis dari patung-patung ditemukan di situs arkelogis di Iran menunjukkan bahwa domba diambl bulunya (wol) sudah sejak 6000 M. Tetapi pakaian bulu domba tenun yang paling awal hanya sudah dibubuhi tanggal sampai dua sampai tiga ribu tahun yang lalu


Perbedaan yang utama bulu antara domba kuno dan domba modern adalah Domba kuno lebih sulit dicukur bulunya daripada domba yang diternakkan pada saat ini. Kmeungkinan malah tidak dicukur untuk mengambil bulunya melainkan dengan cara ‘dikupas – dilepas” . Ciri ini hidup terus hari ini di jenis-jenis yang tak halus seperti Soay dan banyak Shetlands.


Pada saat ini domba diternakkan dengan cara yang modern. Peternakan yang besar dan modern biasa ditemukan di Australia, New Zealand, Amerika Selatan dan Kepulauan Inggeris.

Domba juga disebut dalam agama agama besar, terutama dalam agama Ibrahim ( Islam dan Kristen) dan digunakan sebagai haiwan korban


Deskripsi
Domba adalah ruminansia kecil, bulunya biasanya berkerut, dan mempunyai tanduk yang berbentuk spiral lateral dan tanduk ini ditemukan pada jantan maupun betina.

Umumnya mereka mempunyai ekor yang masih merupakan cirri dari nenek moyang mereka. Tapi domba yang diternakkan ada juga yang tidak mempunyai ekor. Warnanya mulai putih,coklat,coklat muda dan belang belang.

Berat domba jantan umumnya 45-160 kg. Domba dewasa memiliki 32 buah gigi. Tidak bertaring. Domba memiliki pendengaran yang baik dan peka terhadap kebisingan.

Domba memiliki pandangan yang baik, bidang pandangan nya adalah antara 270 – 320 derajat. Domba tidak suka akan daerah gelap. Umumnya mereka akan meilih berada pada daerah yang terang daripada gelap. Memiliki indera penciuman yang baik karena memiliki kelenjar penciuman tepat di depan mata  adalah jenis hewan herbivore. Aktiviti makan mereka adalah dari fajar sampai senja. 

Domba adalah binatang social, naluri mereka untuk berkelompok sangat kuat. Pemimpin kelompok adalah jantan yg paling tua atau betina. Masa kehamilan/bunting selama 5 bulan, biasanya proses melahirkan memakan waktu sekitar 3 jam.

Ada sekitar 283 jenis domba, mulai dari domba Acipayam yang berkembang biak di Turki sampai domba Zoulay di Maroko.

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

Sample text

Sample Text

Sample Text