Social Icons

Rabu, 28 Mei 2014

12 Golongan Orang Yang Dicintai Allah

Berikut dinyatakan 12 kelompok umat islam yang dicintai Allah. Apakah rahsia mereka sehingga mendapat kedudukan mulia di sisiNya?

1. SUKA MENOLONG ORANG MU'MIN
“Orang mu’min yang paling dicintai Allah adalah orang mu’min yang menolong orang mu’min lainnya yang faqir duniawi dan mata pencahariannya, orang mu’min yang menolong dan memberi manfaat dan menahan diri dari yang tidak disukai orang-orang mu’min lainnya.”
~ Imam al-Shadiq as

MANUSIA adalah makhluk sosial, oleh karena itu, manusia tidak bisa tidak harus saling tolong menolong dengan sesamanya. Ada dua macam tipe tolong menolong : Tolong menolong di dalam kejahatan dan tolong menolong di dalam kebaikan.

Allah SwT berfirman, ”Tolong menolonglah kamu sekalian dalam kebajikan dan ketaqwaan. Dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.” (QS 5 : 2).

2. BANYAK MEMBERI MANFAAT KEPADA SESAMA MANUSIA
Pada masa ini, banyak kita temui gangster, mafia, dadah atau bahkan orang-orang yang bekerja sama di dalam jenayah kolar biru seperti korupsi, manipulasi, dan yang semacamnya. Mereka saling tolong menolong dan bekerja sama, tetapi di dalam perbuatan dosa dan kejahatan. Orang-orang yang beriman tidak akan melakukan hal yang sedemikian. Mereka hidup di dalam kebajikan dan ketaatan, mereka adalah ‘keluarga Allah’, yang banyak memberi manfaat kepada orang lain, bukan yang sebaliknya.

Seseorang bertanya kepada Rasulullah saw, ”Siapakah orang yang paling dicintai Allah? Beliau saw bersabda, ”Orang yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia.”

3. MENGGEMBIRAKAN ORANG MU'MIN
Imam Muhammad al-Baqir as berkata, ”Senyum seseorang kepada saudara (seiman)-nya merupakan kebaikan (hasanah), begitupun tindakan menyingkirkan kotoran dari saudaranya itu pun merupakan kebaikan, (tetapi) tidaklah Allah diibadati (‘ubida) dengan sesuatu yang lebih Allah cintai daripada menggembirakan (menghibur) orang mu’min.”

Jika kita perhatikan hadis-hadis di atas, bentuk peribadatan tidak hanya berupa peribadatan-peribadatan ritual (mahdlah) , seperti shalat, puasa atau pun hajji. Bahkan ibadah yang paling Allah cintai adalah justru menggembirakan sesama mu’min, yang merupakan bentuk ibadah sosial.

4. BERAMAR MA’RUF (BERBUAT KEBAIKAN
Rasulullah saw bersabda, ”Hamba yang paling dicintai Allah Yang Maha Agung adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada hamba-hamba-Nya yang lain, dan orang-orang yang mengajak untuk mencintai kebaikan (al-ma’ruf) dan senantiasa mengerjakannya.”

5. SALING BERKASIH SAYANG KARENA ALLAH, CINTA KEPADA MASJID, DAN BERISTIGHFAR DI SAAT SAHUR

Rasulullah saw bersabda,”Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya hamba yang paling Aku cintai adalah orang-orang yang saling berkasih-sayang karena Keagungan-Ku dan hati mereka terpaut kepada masjid dan mereka senantiasa memohon ampun di waktu sahur (sebelum subuh). Mereka adalah orang-orang yang apabila Aku ingin menimpakan suatu ‘azab kepada suatu kaum namun Aku tangguhkan, mengingat keberadaan mereka (di antara kaum tersebut).

6. JUJUR, MENJAGA SHALAT, MENUNAIKAN AMANAH
Imam Ja’far al-Shadiq as berkata, ”Hamba yang paling dicintai Allah ‘Azza wa Jalla adalah laki-laki yang selalu benar perkataannya, senantiasa menjaga shalatnya, dan selalu menunaikan amanah yang Allah wajibkan kepadanya.”

7. RELA KEPADA KETENTUAN ALLAH
Di dalam munajatnya, Nabi Musa as berkata kepada Allah, ”Wahai Tuhan, Makhluk yang manakah yang paling Engkau cintai?” Allah menjawab, ”Orang yang apabila Aku mengambil (nyawa) orang yang dicintainya, ia rela dan pasrah kepada-Ku…”

8. BANYAK BERZIKIR DAN PALING BERTAQWA
Rasulullah saw bersabda, ”Orang yang paling dicintai Allah Yang Maha Agung dan Maha Terpuji adalah orang yang paling banyak berzikir di kepada-Nya di antara kamu dan orang yang paling mulia di sisi Allah ‘Azza wa Jalla di antara kamu adalah yang paling bertaqwa.”

9. HATINYA SEDIH DAN TAKUT KERANA ALLAH
Imam Ali as berkata, ”Sesungguhnya di antara hamba-hamba Allah yang paling dicintai-Nya adalah seorang hamba yang Allah telah menolong atas dirinya maka ia pun merasa sedih (karena dosa-dosa-nya), sehingga senantiasa diliputi rasa takut (akan Kebesaran Allah) dan hatinya senantiasa diterangi oleh cahaya hidayah”

10. MEMBAHAGIAKAN KELUARGANYA
Rasulullah saw bersabda, ”Semua makhluk itu adalah keluarga Allah (‘iyalullah) (telah penuhi kebutuhannya). Karena itu makhluk yang paling dicintai Allah adalah ia yang memberikan manfaat kepada keluarga Allah dan ia yang senantiasa membahagiakan keluarganya”

11. LEMAH LEMBUT KEPADA KELUARGANYA DAN MENCUKUPI KEPERLUANNYA
Imam Ja’far al-Shadiq as berkata, ”Allah ‘Azza wa Jalla telah berfirman : “Makhluk itu adalah keluarga-Ku, dan yang paling Aku cintai di antara mereka adalah yang paling lembut kepada keluarganya, dan paling giat di dalam mengurus keperluan mereka”

12. YANG TAAT DAN SELALU MELIHAT CELA DIRINYA SENDIRI
Rasulullah saw bersabda, ”Orang mu’min yang paling dicintai Allah adalah orang mu’min yang menempa dirinya untuk taat kepada Allah dan menasihati ummat untuk juga taat kepada Nabinya, dan merenungi cela-cela dirinya serta memerhatikan, berfikir tafakkur dan beramal”

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

Sample text

Sample Text

Sample Text